Tindakan yang Dilakukan Dokter saat Pemeriksaan THT

  • Whatsapp
Tindakan-yang-Dilakukan-Dokter-saat-Pemeriksaan-THT
Foto dari Canva Photos Unlimited

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk selalu Anda jaga dan pastikan dalam keadaan sehat. Jika terjadi masalah yang tidak diinginkan harus segera melakukan pemeriksaan. Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami masalah adalah THT. Anda harus segera melakukan pemeriksaan THT ke dokter yang ahli agar bisa segera mendapatkan penanganan.

Tindakan Pemeriksaan THT yang Dilakukan Dokter

Pemeriksaan untuk bagian THT harus dilakukan oleh dokter yang memang ahli di bidangnya. Tujuannya agar tindakan yang dilakukan sesuai dengan kondisi penyakitnya. Semua tindakan yang dilakukan oleh dokter memiliki tujuan masing-masing.

1. Audiometri

Pemeriksaan untuk bagian THT dimulai dengan tindakan awal yang disebut audiometri. Sebuah pemeriksaan tahap awal yang dilakukan di bagian telinga untuk bisa menilai kemampuan pendengaran dan mendeteksi terjadinya masalah atau tidak.

2. Esophagoscopy

Tindakan selanjutnya yang akan dilakukan dokter adalah esophagoscopy. Tindakan di mana dokter memasukkan sebuah selang yang fleksibel dengan ujung berkamera ke dalam mulut. alat ini akan diarahkan ke kerongkongan untuk bisa mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada tenggorokan.

3. Trakeostomi

Tindakan berikutnya yang akan dilakukan dokter untuk memeriksa kondisi THT Anda dengan melakukan trakeostomi. Sebuah tindakan yang digunakan untuk memperlancar saluran pernapasan yang mengalami penyumbatan. Jadi selama proses penyembuhan nantinya akan dilakukan pemasangan jalan napas pada trakea. Anda bisa bernapas tanpa mengalami masalah.

4. Operasi Sinus

Jika deteksi dari masalah THT Anda menunjukkan sebuah gejala penyakit yang serius bahkan sudah dinyatakan positif sinus maka akan dilakukan sebuah operasi. Tindakan tahap lanjut ini tentunya setelah melewati proses pemeriksaan di tindakan sebelumnya. Operasi sinus ini dilakukan dengan memasukkan selang berupa teropong kecil yang akan bekerja mengatasinya.

5. Septoplasty

Tindakan selanjutnya yang akan dilakukan dokter THT adalah operasi. Tindakan ini memiliki tujuan untuk memperbaiki posisi septum hidung dan membuka sumbatan. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi penghambat saluran pernapasan.

Tindakan pemeriksaan THT yang akan dilakukan dokter tentu saja sesuai dengan kebutuhan. Dilakukan mulai dari tindakan yang paling awal sampai ke tindakan terbesar dengan sebuah operasi. Semua dilakukan untuk membuat fungsi bagian THT bisa kembali normal tanpa adanya masalah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *