Mengenal 7 Jenis Kurma Untuk Persiapan Lebaran

  • Whatsapp
Mengenal-7-Jenis-Kurma-Untuk-Persiapan-Lebaran
Foto dari Canva Photos Unlimited

Sekarang ini, kita tengah ada di suasana bulan penuh berkah dan sebentar lagi akan memasuki bulan kemenangan. Apalagi kalau bukan bulan Ramadhan dan bulan Syawal. Nah, tidak hanya di Indonesia, rupanya Ramadhan dan Syawal di berbagai belahan dunia juga identik dengan yang namanya buah kurma. Yuk, simak beberapa macam jenis buah kurma yang bisa Anda cari di Blibli Hasanah seperti di ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Kurma

Seperti yang kita tahu, kurma merupakan makanan yang sangat khas bulan Ramadhan. Pasalnya, berbuka disyaratkan dengan yang manis dan kurma adalah salah satu buah yang sangat manis, mempunyai banyak kandungan gizi yang baik, dan juga merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW.

Berasal dari tanah Arab, rupanya buah yang bisa tumbuh di sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini juga bisa Anda temui di Indonesia. Tak terhitung penjual kurma baik di toko offline maupun toko-toko online seperti di Blibli Hasanah. Selain menjual kurma-kurma berkualitas, rupanya mereka juga menjual kurma yang ada bermacam-macam jenisnya. Kira-kira apa saja ya?

1. Kurma Ajwa

Kurma ini adalah kurma yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah. Rasanya boleh dibilang mirip kismis namun tidak terlalu manis. Selain teksturnya yang lembut, kurma ini kering di luar dan dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Salah satunya adalah efek dari racun. Ingin mencoba?

2. Kurma Ambera

Berasal dari daerah Madinah, kurma ini dikenal dengan kualitas tingginya untuk penyembuhan. Jadi tidak hanya enak, kurma ini juga berkhasiat.

3. Kurma Barhi

Jika Anda mencari kurma yang rasanya seperti sirup, maka Kurma Barhi adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya kaya rasa, kurma ini bentuknya sangat kecil dengan daging yang ketika matang akan berwarna coklat keemasan. Selain kulitnya yang keras, kurma ini boleh dibilang cukup rapuh jika dibandingkan kurma yang lainnya.

4. Kurma Dayri

Selanjutnya, ada Kurma Dayri yang memiliki tekstur padat, namun juga lembut dan manis. Ukuran kurma ini tidak terlalu kecil, malah lebih cenderung sedang dan bisa sampai besar. Selain dagingnya yang lunak, kurma ini akan berwarna coklat keemasan jika diawetkan, sama dengan Kurma Barhi.

5. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor memiliki arti kurma yang bercahaya jika ditulis dalam Bahasa Indonesia. Hal ini mungkin karena warna buahnya yang emas terang ketika terkena sinar matahari. Selain bertekstur lembut, Kurma Deglet Noor rasanya seperti madu yaitu manis. Kurma ini akan matang di akhir musim dan sering juga dipakai untuk bahan masakan.

6. Kurma Khudri

Kurma ini tidak hanya manis, tapi merupakan kurma yang paling banyak diekspor, salah satunya ke Indonesia. Warna coklat gelap, kulitnya kusut, dan ukurannya variatif. Tidak hanya tahan lama, kurma ini juga bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dibanding kurma lainnya.

7. Kurma Halawy

Terakhir, ada kurma Halawy, yakni kurma yang mana buahnya bisa dikonsumsi langsung setelah dipetik tanpa perlu diawetkan. Selain cocok untuk camilan, kurma ini juga sangat lembut dengan rasanya yang manis seperti madu. Tidak hanya ukurannya yang kecil, kurma yang berwarna emas kecoklatan ini memiliki daging yang sangat lunak dan bisa dipanen di tengah musim.

Demikian ulasan mengenai macam-macam jenis kurma. Bagaimana? Selama ini apakah Anda hanya mengira jika kurma yang sering Anda konsumsi itu hanya satu jenis saja? Nah, sekarang Anda sudah tahu bedanya. Kurma-kurma ini bisa Anda temukan di Indonesia, terlebih di Blibli Hasanah. Selamat berbelanja dan semoga ulasannya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *