6 Tips Merawat Tanaman Hias di Dalam Rumah

  • Whatsapp
6-Tips-Merawat-Tanaman-Hias-di-Dalam-Rumah
Foto dari Canva Pro

Saat ini lahan bukanlah kendala untuk menanam. Dengan lahan yang sempit, bahkan apabila tempat tinggal Anda tidak memiliki halaman karena tinggal di rumah susun atau apartemen, Anda tetap bisa menanam tanaman hias di dalam rumah.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang biasa dijadikan hiasan. Mulai dari jenis succulent, bunga, dan aglonema. Tanaman-tanaman yang berada di dalam ruangan memiliki berbagai fungsi. Saat Anda meletakkan tanaman, tanaman akan memberi efek segar pada ruangan. Fungsi lain adalah menyehatkan dan menyegarkan mata, serta dapat mengurangi stres karena tanaman membantu sirkulasi oksigen di dalam rumah Anda.

Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Tanaman yang ada di dalam rumah tentu juga membutuhkan perawatan. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda memutuskan untuk mengadopsi tanaman.

1. Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

Keuntungan merawat tanaman di dalam rumah adalah tidak perlu disiram setiap hari. Terutama pada tanaman jenis succulent yang menyimpan cadangan air. Anda juga hanya perlu memberi air dengan cara disemprotkan atau menyiram sedikit saja.

Siramlah tanaman Anda ketika tanah terlihat kering. Saat tanah masih lembab, lebih baik tidak menyiraminya agar tanaman tidak cepat busuk.

Pilihlah waktu menyiram tanaman antara pagi hari sebelum matahari tinggi atau sore hari saat matahari mulai terbenam. Pada saat pagi atau sore, matahari tidak terlalu terik sehingga air dapat tertampung lebih lama. Apabila Anda menyiram pada siang hari, maka air akan cepat menguap karena terkena panas matahari.

2. Tanaman Hias Tetap Butuh Cahaya Matahari

Letakkanlah tanaman Anda di tempat yang terkena cahaya matahari. Cahaya matahari sangat penting untuk tanaman agar dapat berfotosintesis.

Meskipun ada jenis tanaman yang dapat bertahan di tempat yang minim cahaya matahari, Anda sebaiknya tetap meletakkan setiap pagi hingga siang hari di dekat jendela. Tetapi, Anda juga perlu memperhatikan bahwa sinar matahari yang berlebihan juga tidak baik untuk tanaman.

3. Mengganti Tempat Tanaman atau Media Tanam

Tanaman jenis bunga atau aglaonema dapat tumbuh dan tidak cukup di pot yang lama. Saat pertumbuhan ini, Anda sebaiknya mengganti dengan pot yang lebih besar.

Pastikan pot dapat menampung berbagai kebutuhan tanaman seperti nutrisi dari pupuk, tanah, dan pasir. Pilihlah pot yang tidak membuat media tanam cepat kering, sehingga tanah akan tetap lembab. Pot dari tanah liat seperti tembikar atau dari plastik mampu menjaga kelembaban tanah.

Media tanam seperti arang sekam atau tanah juga perlu diganti agar tanaman mendapat nutrisi baru dan tidak terjadi pembusukan.

4. Memperhatikan Kelembaban Ruangan

Agar tanaman hias tetap lembab, Anda juga sebaiknya menjaga kelembaban ruangan. Sebaiknya, letakkanlah tanaman di tempat yang tidak terlalu sering terkena pendingin ruangan (AC). Pendingin ruangan dapat menyebabkan ruangan menjadi kering dan cepat mengeringkan kelembaban media tanam.

5. Tetap Rutin Memberikan Pupuk

Meskipun Anda merawat tanaman di dalam ruangan, Anda tetap harus rutin memberi pupuk pada tanaman Anda. Pada penggunaan pupuk ini, pilihlah kompos organik cair agar mudah digunakan.

Lebih baik Anda tidak menggunakan pupuk yang tidak alami. Pupuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman serta dapat memperkuat akar tanaman.

6. Merapikan dan Membersihkan Tanaman

Tanam hias di dalam rumah juga dapat bertumbuh dengan tidak rapi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan perawatan dengan memangkasnya secara rutin sehingga tampak lebih rapi.

Tanaman juga bisa terkena debu. Bersihkan tanaman secara rutin agar tetap sehat dan indah. Untuk membersihkan ini, Anda dapat menggunakan semprotan air.

Tanaman hias yang ada di dalam rumah tetap memerlukan perawatan agar tidak layu, membusuk, dan tetap tumbuh subur. Manfaat tanaman di dalam rumah lainnya selain menjadi hiasan adalah memotivasi Anda untuk aktif bergerak sehingga dapat mengalihkan perhatian dari rutinitas sejenak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *